Ragam Dialog

Dialog Manusia-Komputer

Pengertian dialog:
  • Umum, dialog adalah proses komunikasi antara 2 atau lebih agen, dalam dialog makna harus dipertimbangkan agar memenuhi kaidah semantis dan pragmatis 
  • IMK, dialog adalah pertukaran instruksi dan informasi yang mengambil tempat antara user dan sistem komputer

Aturan dalam Perancangan Dialog

•    Pegang teguh konsistensi
•    Sediakan shortcut bagi pengguna aktif
•    Sediakan feedback yang informatif
•    Sediakan error handling yang mudah
•    Ijinkan pembatalan aksi
•    Sediakan fasilitas bantuan (help)
•    Kurangi beban ingatan jangka pendek

Pegang Teguh Konsistensi

Informasi disusun dalam formulir-formulir, nama-nama dan susunan menu, ukuran dan bentuk dari ikon, dll, semuanya harus konsisten diseluruh sistem
–    Konsisten mengijinkan banyak aksi menjadi otomatis
–  Jika ada aplikasi baru hadir dengan fungsi yang berbeda akan menyebabkan user harus  mempelajari kembali operasi-operasi yang dilakukan. Misalnya konsistensi di dalam menu bar untuk File, Edit dan Format

Sediakan Short Cut Bagi Pengguna Aktif

  • User yang bekerja dengan satu aplikasi dalam seluruh waktunya akan menginginkan penghematan waktu dengan memanfaatkan short cut 
  • User mulai hilang kesabaran dengan urutan menu panjang ketika mereka sudah tahu pasti apa yang mereka kerjakan 
  • Short cut keys dapat mereduksi jumlah interaksi untuk tugas yang diberikan 
  • Designer dapat menyediakan fasilitas makro bagi user untuk membuat short cuts bagi dirinya sendiri 
  • Dengan short cut membuat user lebih produktif

Sediakan Feedback yang Informatif

Setiap aksi dari user harus ada feedback dari komputer untuk menunjukkan hasil dari aksi tersebut.Misalnya jika user meng-”click” sebuah button harus secara visual ada perubahan bentuk atau bisa berupa bunyi yang mengindikasikan komputer telah meresponnya. Informasi feedback sangat penting bagi user, misalnya jika komputer sedang melakukan proses tertentu, maka perlu ada informasi

Sediakan Error Handling yang Mudah

Error dapat menjadi masalah yang serius, sehingga designer harus mencoba mencegah user membuat error
Ketika errors terjadi perlu cara mengatasinya:

  • Pesan error harus dinyatakan secara jelas apa kesalahannya dan menerangkan bagaimana kesalahan tersebut terjadi
  • Hindari pesan yang menakutkan atau menyalahkan user seperti: “FATAL ERROR 2005”
  • Juga sediakan informasi yang memudahkan untuk mengoreksi error tersebut, mis: “the date of birth entered is not valid. Check to be sure only numeric characters in appropriate ranges are entered in the date of birth fields….”

Ijinkan Pembatalan Aksi

  • User memerlukan bahwa ketika mereka sudah memilih opsi dan membuat aksi, aktivitas itu dapat dibatalkan atau kembali ke kondisi sebelumnya dengan mudah 
  • Mengijinkan user untuk belajar tentang sistem dengan melakukan eksplorasi 
  • Jika mereka melakukan kesalahan, mereka dapat membatalkan aksinya 
  • Jika user akan menghapus sesuatu yang substansial (mis: sebuah file), sistem harus meminta konformasi terhadap aksi tersebut 

Sediakan Fasilitas Bantuan (Help)

  • User yang berpengalaman menginginkan bahwa mereka yang mengendalikan sistem dan sistem merespon mereka. Segala sesuatu yang mereka tidak tahu rasanya ingin segera mendapat jawabannya, oleh sebab itu fasilitas “help” penting untuk menolongnya agar segera mendapatkan solusi 
  • User yang tidak berpengalaman ketika mengalami kesulitan dalam mengeksplorasi sistem juga perlu mendapat pertolongan yang mudah dan sederhana, fasilitas “help” yang lengkap, mudah dioperasikan akan menolong mereka mengatasi kesulitannya

Kurangi Muatan Short-Term Memory

•    Orang mempunyai keterbatasan pada short-term memory-nya
•    Orang hanya mengingat sekitar 7 chunk informasi pada satu saat

Karakteristik Umum Ragam Dialog

•    Inisiatif 
–    Inisiatif oleh komputer; user memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer
–    Inisiatif oleh user; user mempunyai sifat keterbukaan yang luas dalam artian user diharapkan agar dapat memahami sekumpulan perintah yang harus ditulis menurut aturan (sintaks) tertentu

•    Keluwesan 
Tidak hanya dilihat dari kemampuan sistem menyediakan sejumlah perintah-perintah yang memberikan hasil sama, tetapi bagaimana sistem dapat menyesuaikan diri dengan keinginan pengguna dan bukan sebaliknya

•    Kompleksitas 
Keluwesan harus dibayar dengan kompleksitas implementasi yang tinggi, oleh sebab itu perlu pembatasan kompleksitas dengan cara TIDAK membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan karena tidak ada keuntungan darinya

•    Kekuatan 
Didefinisikan sebagai jumlah kerja yang dapat dilakukan oleh sistem untuk setiap perintah yang diberikan oleh user. Aspek ini dapat berbenturan dengan aspek keluwesan dan kompleksitas

    Beban informasi 
Penyampaian informasi dalam dialog yang sesuai dengan kebutuhan pengguna

•    Konsistensi 
Suatu atribut yang dapat mendorong user mengembangkan mentalitas dengan cara memberikan semacam petunjuk untuk mengeksplorasi pengetahuan tentang pemahaman perintah-perintah baru dengan opsion yang sudah ada

•    Umpan balik 
Kemampuan untuk memberikan informasi kepada user tentang proses yang sedang berjalan akibat adanya masukan yang dilakukan oleh user

•    Observabilitas 
Sistem dapat berfungsi secara benar namun nampak sederhana bagi user

•    Kontrolabilitas
Sistem yang selalu dalam kontrol user. Dialog yang memiliki sifat ini harus memungkinkan user agar dapat menentukan:

  • Dimana sebelumnya ia berada
  • Dimana sekarang ia berada
  • Kemana ia dapat pergi
  • Apakah pekerjaan yang sudah dilakukan dapat dibatalkan

Command Language

•    Bahasa perintah biasanya diperlukan dalam sistem operasi DOS dan UNIX. User menulis suatu perintah dan menunggu respon dari sistem. Jika hasilnya benar, perintah berikutnya diterbitkan, jika salah tindakan selanjutnya ada ditangan user
•    Contoh:
–    C:\>DIR            - C:\>copy *.doc A:\LETTER
–    C:\>DIR *.DOC/s        - C:\DOS>FORMAT A: /S
Keuntungan : luwes, inisiatif pada pengguna, nyaman dalam penciptaannya, memberdayakan user, cepat, efisien, akuratKerugian: membutuhkan pelatihan yang lama, membutuhkan penggunaan yang teratur, beban ingatan yang tinggi, jelek dalam menangani kesalahan

Bahasa Alami

          Sistem harus tunduk dan merespon kalimat-kalimat dan frase-frase pada bahasa alami
          Keuntungan:
        Mengurangi beban mempelajari sintaks
          Kerugian:
        Memerlukan dialog klarifikasi
        Memerlukan lebih banyak pengetikan
        Tidak dapat diprediksi 

Manipulasi Langsung

User berinteraksi secara langsung dengan obyek pada layar grafis sementara sistem menyediakan umpan balik yang cepat pada user
Keuntungan :
•    Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata
•    Mengurangi waktu pembelajaran
•    Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
•    Penampilan visual yang bagus
•    Mudah dioperasikan
•    Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung
Kerugian
•    Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
•    Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
•    Memerlukan peranti masukan seperti mouse, trackball, dll
•    Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu

Sistem Menu

Pengguna menentukan satu dari sejumlah pilihan pada daftar, kemudian menerapkan sintaks untuk mengindikasikan pilihan, menegaskan pilihan, memulai aksi dan mengamati hasilnya
Keuntungan
•    Proses belajar singkat
•    Mengurangi pengetikan
•    Kesalahan mudah diatasi
•    Struktur terdefinisi dengan baik
•    Beban memori rendah
•    Perancangannya mudah
Kerugian
•    Proses sedikit lambat
•    Menghabiskan ruang layar
•    Kurang cocok untuk aktivitas pemasukan data
•    Memerlukan kecepatan tampilan yang tinggi

Borang Isian (Form Fill-In)

Pengguna melihat suatu tampilan medan yang berhubungan satu sama lainnya, kursor dipindahkan sepanjang medan-medan yang ada selanjutnya data diisikan pada medan yang dikehendaki
Keuntungan
•    Proses pemasukan datanya relatif mudah
•    Perlu sedikit pelatihan
•    Beban memori rendah
•    Strukturnya jelas
•    Tersedia berbagai piranti bantu desain tampilan
•    Perancangannya mudah
Kerugian
•    Menghabiskan ruang layar
•    Tidak cocok untuk pemilihan instruksi
•    Memerlukan pengontrol kursor
•    Mekanisme navigasi tidak jelas
•    Sering kali cukup lambat

0 komentar:

Posting Komentar